Komisi

Job Description Pimpinan dan Komisi DMF IS UM Tahun 2016

  1. Pimpinan DMF IS memiliki fungsi:

Pimpinan DMF IS terdiri atas 1 (satu) orang ketua, sekretaris, dan bendahara. Ketua DMF IS ialah anggota senator DMF yang berasal dari delegasi jurusan atau program studi setara jurusan. Pimpinan DMF IS ketua, sekretaris dan bendahara ditentukan berdasarkan urutan hasil perolehan suara terbanyak dalam pemilihan umum. Tugas pimpinan DMF IS adalah :

  1. Menjadi juru bicara keputusan – keputusan DMF IS ke luar
  2. Mengatur lalu lintas komunikasi antar anggota DMF IS dalam sidang maupun rapat paripurna
  3. Menyusun kebijakan penyediaan kebutuhan – kebutuhan DMF IS bersama Sekretaris
  4. Menjadi juru bicara ke dalam DMF
  5. Menetapkan keputusan DMF setelah diputuskan oleh sidang maupun rapat DMF

 

  1. Komisi – Komisi

A. Komisi I (Bidang Pemerintahan, Aspirasi dan Advokasi)

Komisi I Bidang Pemerintahan, Aspirasi dan Advokasi merupakan wadah bagi aspirasi mahasiswa dan seluruh OPM Fakultas Ilmu Sosial, sekaligus bertugas mengadvokasikan aspirasi tersebut kepada pihak yang berkepentingan. Selain itu juga berkewenagan untuk menyelengarakan program-program yang tugasnya seperti Rapat Dengar Pendapat, observasi lapangan terhadap kegiatan-kegiatan BEMFA dan HMJ/P. Komisi ini dibentuk untuk sesuai dengan peran dan fungsi DMF IS sebagai lembaga perwakilan mahasiswa yang menampung, menyalurkan dan mengawal aspirasi yang diperoleh dari mahasiswa. Adapun tugas dan wewenang Komisi I antara lain :

  1. membuat susunan program legislasi DMF Ilmu Sosial
  2. menindaklanjuti aspirasi mahasiswa
  3. menjaring, mengolah, dan mengawal aspirasi Civitas akademika Fakultas Ilmu Sosial tentang permasalahan di kampus dan juga mengenai kelembagaan kemahasiswaan;

B. Komisi II (Bidang Konstitusi)

Komisi II Bidang Konstitusi dan hukum merupakan bentuk implementasi dari wewenang DMF Ilmu Sosial sebagai pembuat peraturan. Adapun tugas dan wewenang Komisi Konstitusi antara lain:

  1. membuat produk hukum sesuai;
  2. menindaklanjuti aspirasi berkaitan dengan pembuatan rancangan produk hukum;
  3. merancang perbaikan produk hukum lembaga legislatif tingkat Fakultas;
  4. membentuk tim ad hoc yang bertugas membuat produk hukum sesuai dengan program legislasi DMF Ilmu Sosial;
  5. mengontrol kerja tim ad hoc sampai proses pengesahan ketetapan;
  6. bertanggung jawba untuk mewakili DMF Ilmu Sosial dalam penyelesaian sengketa antara DMF Ilmu Sosial dengan pihak terkait; dan

C. Komisi III (Bidang Pengembangan Internal)

Komisi III Bidang Pengembangan Internal merupakan komisi yang fungsi membantu kerja dewan khususnya dalam pengkoordinasian antara senator DMF Ilmu Sosial dan berbagai masalah yang berkaitan dengan fungsi kelegislatifan. Komisi ini juga bertugas memfasilitasi rangkaian kegiatan suksesi pada OPM Ilmu Sosial. Komisi ini merupakan komisi yang bertugas membenahi sistem pembinaan dan kaderisasi DMF IS. Adapun tugas dan wewenang dari komisi ini adalah:

  1. menjadi penanggung jawab dalam perumusan konsep dan alur penyelenggaraan kegiatan DMF IS;
  2. mengelola dan memnuat peraturan internal DMF IS

D. Komisi IV (Bidang Pengawasan, Kontrol dan Evaluasi Eksternal)

Komisi IV Bidang Pengawasan, Kontrol dan Evaluasi Eksternal merupakan elemen yang penting bagi DMF karena komisi ini bertugas mensinergiskan kinerja OPM Fakultas Ilmu Sosial serta bertugas melakukan kontrol serta kelayakan uji program OPM Fakultas Ilmu Sosial, menganalisa dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan BEMFA maupun HMJ/P. Pengawasan terhadap lembaga-lembaga kemahasiswaan di tingkat Fakultas, maka fokus pengawasan lembaga pada tahun ini tidak hanya ditujukan pada BEMFA dan HMJ/P sebagai lembaga eksekutif namun juga ditujukan bagi Unit Kegiatan yang ada di Fakultas Ilmu Sosial. Komisi ini merupakan komisi yang bertugas untuk menata sistem kelembagaan mahasiswa yang ada di tingkat fakultas. Adapun tugas dan wewenang Komisi IV antara lain:

  1. melakukan sinergisasi lembaga kemahasiswaan di tingkat fakultas
  2. mengawasi seluruh kegiatan badan eksekutif tingkat fakultas
  3. mengadvokasi aspirasi lembaga kemahasiswaan di tingkat fakultas
  4. mengevaluasi program kegiatan badan eksekutif tingkat fakultas

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *