PROGRAM HIBAH BINA DESA 2016 DIDANAI KEMENRISTEKDIKTI

Progam Hibah Bina Desa atau yang biasa disebut dengan PHBD merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ataupun Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Seleksi PHBD tahun ini diikuti oleh banyak peserta dengan total proposal yang masuk sebanyak 2750 proposal ke DIKTI, diambil sebanyak 300 proposal untuk seleksi tahap 1 dan terpilihlah sebanyak 120 proposal dari seluruh Indonesia untuk di danai. Pada kesempatan kali ini kelompok dari Dewan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (DMFIS) Universitas Negeri Malang (UM) menjadi salah satu dari sekian banyak proposal yang di danai dan mendapatkan pendanaan dari DIKTI.

Setelah dinyatakan lolos dalam seleksi pra-proposal program bina desa, Tim Bina Desa Dewan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (DMFIS UM) mulai menyusun rencana kegiatan dan program kerja. Diawali dengan survey lapangan dan berkoordinasi dengan perangkat desa setempat, akhirnya program-program disepakati untuk dilaksanakan. Pada kesemptan kali ini Desa Donomulyo menjadi sasaran Program Bina Desa yang digagas Tim Bina Desa DMFIS UM dengan judul “Himpunan Pemuda Desa Donomulyo (HIMPEDES) Wadah Pemberdayaan Pemuda Desa Donomulyo Berbasis Usaha Ekonomi Produktif”. Selain berkerjasama dengan Pemerintah Desa Donomulyo, Tim Bina Desa DMFIS UM juga mencoba menjalin kerjasama dengan beberapa mitra untuk mendukung kesuksesan program. Mitra tersebut tidak hanya lembaga pemerintah dan dinas-dinas terkait, namun juga kelompok-kelompok wirausahawan dan teknisi serta ahli yang dapat mendukung program.

Sebagai langkah awal pengenalan program, Tim Bina Desa DMFIS UM mengadakan kegiatan “Sosialisasi Program Bina Desa, Pembentukan dan Pelantikan Himpunan Pemuda Desa (HIMPEDES) Donomulyo” pada tanggal 1 Agustus 2016 di Gedung Trisula Donomulyo, Kecamatan Donomulyo, Kab. Malang. Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Camat Donomulyo tersebut dihadiri oleh Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Malang, Kepala Desa Donomulyo beserta perangkat desa. Selain itu jajaran pimpinan UM juga turut hadir dalam kegiatan, antara lain Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed selaku Wakil Rektor III UM, Dr. I Nyoman Ruja, S.U. selaku Wakil Dekan III FIS UM sekaligus sebagai Pembina Tim Bina Desa DMFIS UM, Drs. Taat Setyohadi selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan UM, Drs. Imam Khotib, M.AP selaku Kepala Subbagian Minat Penalaran dan Ikatan Alumni UM. Kegiatan diawali dengan pembukaan acara pada pukul 09.30 WIB, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Tim Bina Desa DMFIS UM. Dalam sambutannya, Ketua Tim Bina Desa menyampaikan banyak terimakasih kepada seluruh undangan dan peserta yang hadir serta memberikan sedikit penjelasan mengenai program yang akan dilaksanakan. Sambutan kedua disampaikan oleh Wakil Rektor III Universitas Negeri Malang. Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapan supaya seluruh rangkaian program yang digagas oleh Tim Bina Desa DMFIS UM dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat kepada masyarakat sasaran. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Sekretaris Camat Donomulyo, sekaligus pembukaan acara Sosialisasi dan Pembentukan HIMPEDES.

Setelah sambutan dan pembukaan acara, kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan anggota HIMPEDES dan penandatanganan berita acara. Penandatanganan berita acara dilakukan oleh perwakilan anggota HIMPEDES dan Kepala Desa Donomulyo disaksikan oleh Ketua Tim Bina Desa DMFIS UM, Wakil Rektor III Universitas Negeri Malang, Sekretaris Camat Donomulyo, dan Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Malang. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi Keorganisasian dan Kelembagaan oleh Bapak Gunawan Wibisono selaku Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengarahan program dan pembentukan struktur organisasi serta pembagian subbidang HIMPEDES.

Kondisi cuaca yang saat itu hujan tidak menyurutkan animo dan semangat masyarakat untuk hadir dalam kegiatan Sosialisasi dan Pembentuka HIMPEDES. Hal tersebut terlihat dari total 40 undangan peserta, sebanyak 38 diantaranya hadir dan mengikuti acara hingga selesai. Para peserta juga cukup antusias dalam mengikuti kegiatan, bahkan saat pembagian Subbidang HIMPEDES, peserta langsung mengelompok sesuai minat dan kemampuan secara mandiri. Acara berjalan dengan cukup lancar dan ditutup pada pukul 13.30 WIB.

Tulisan juga dimuat di www.fis.um.ac.id