PELATIHAN TEKNIK PERSIDANGAN BAGI ORMAWA FIS UM

PELATIHAN TEKNIK PERSIDANGAN BAGI ORMAWA FIS UM

OPM merupakan  Organisasi Pemerintahan Mahasiswa yang ada di Universitas Negeri Malang dalam lingkup Universitas (pusat) maupun terdapat dalam lingkup Fakultas, semua fakultas dan jurusan dan atau program study di Universitas Negeri Malang terdapat organisasi yang mengatur, bukan hanya Dekan (Fakultas) dan juga Ketua Jurusan dan atau Program Studi (Jurusan/Prodi) beserta jajarannya yang mengatur roda pemerintahan, melainkan juga dapat dibantu oleh Organisasi Pemerintahan Mahasiswa yang dapat ikut andil dalam menjalankan roda pemerintahan di Fakultas maupun juga di Jurusan dan atau Program Studi seperti halnya di Fakultas Ilmu Sosial roda pemerintahan di Fakultas Ilmu Sosial dapat dibantu oleh Dewan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (DMF IS UM) dan juga dapat dibantu oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (BEM FIS UM), di tingkat jurusan dan atau program studi roda pemerintahan dapat dibatu oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan atau dibantu oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS).

Seluruh anggota Organisasi Pemerintahan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (OPM FIS UM) merupakan mahasiswa aktif dari sekian banyak mahasiswa lainnya yang ada di Fakultas Ilmu Sosial yang telah terpilih dan disahkan/dilantik. Seluruh anggota OPM FIS UM bukan hanya mahasiswa yang mempunyai kelebihan dalam bidang Akademik saja melainkan juga mempunyai kelebihan dalam bidang Non Akademik, keunggulan lain yang dimiliki oleh seluruh anggota OPM FIS UM yaitu ke aktifannya dalam berorganisasi. “Pelatihan Teknik Persidangan” merupakan kegiatan yang wajib di ikuti oleh seluruh anggota Dewan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (DMF IS UM), perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (BEM FIS UM), dan juga Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan atau Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) yang nantinya diharapkan dapat menambah wawasan dan juga ilmu dalam diri pengurus Ormawa dalam bidang persidangan dan nantinya juga dapat diterapkan dalam OPM yang diikutinya tersebut.

Kegiatan Pelatihan Teknik Persidangan bagi ORMAWA Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang diselenggarakan oleh Dewan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial. Kegiatan ini bertema “Meningkatkan Mahasiswa yang Mampu Mengimplementasikan Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam  Permusyawaratan/Perwakilan”. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 29 April 2016  ini bertempat di Gedung I1.506 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB hingga 11.00 WIB. Kegiatan Teknik Persidangan bagi ORMAWA Fakultas Ilmu Sosial secara umum berjalan lancar, meski masih ada beberapa kendala. Kegiatan ini dihadiri oleh 20 (dua puluh) orang Panitia sekaligus Senator DMF IS, 25 (dua puluh lima) Perwakilan Ormawa FIS, 1 (satu) Pemateri, 1 (satu) undangan jadi total peserta yang hadir adalah sebanyak 47 orang.

 

Kegiatan Pelatihan Teknik Persidangan bagi ORMAWA Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang terdiri atas materi yang di sampaikan oleh Dr. Didik Sukriyono, SH., M.Hum dan Simulasi persidangan. Kegiatan ini mengaplikasikan dari materi yang sebelumnya telah disampaikan oleh pemateri sesuai dengan aturan dan tata tertib persidangan.

Teknik Persidangan bagi ORMAWA Fakultas Ilmu Sosial yang berfungsi sebagai acuan ormawa dalam melakukan persidangan dan mengatur peraturan di masing-masing BEM, HMJ, dan HMP guna memperkokoh landasan hukum masing-masing himpunan. Teknik Persidangan bagi ORMAWA Fakultas Ilmu Sosial dilaksanakan sebagai pelatihan bagi ormawa dalam mempersidangkan rumusan pemerintahan ataupun AD/ART sebagai panduan dan batasan yang akan dilakukan oleh para pengurus dan anggota organisasi. Harapannya hasil dari kegiatan ini yang berupa persidangan ormawa FIS tercipta sesuai dengan hakikat dan tidak melanggar aturan manapun dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat menjadi pengetahuan bagi Ormawa FIS dalam melaksanakan kegiatannya.